Malang, 5 Maret 2020. Langit senja menjadi saksi berkumpulnya santri-santri milenial yang tergabung dalam komunitas admin media pondok malang raya. Perkumpulan yang mereka namai dengan KOPDAR (Kopi Darat) ini merupakan ke-empat kalinya.

Hasil keputusan KOPDAR ke-3 menetapkan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyyah (PPSS) Nurul Huda sebagai tuan rumah KOPDAR ke-4. Pondok yang dirintis oleh Alm. KH. Achmad Masduqi Mahfudz ini berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono 3B 103 kelurahan Mergosono. Selain itu, KOPDAR ini juga disiarkan secara langsung di channel Youtube Nurul Huda Mergosono.

KOPDAR ke-4 dihadiri oleh lebih kurang 80 santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Mereka sangat berantusias karena selain memperoleh pengetahuan baru, mereka juga dapat saling berbagi informasi dan pengalaman untuk mengembangkan akun media sosial mereka.

Agenda KOPDAR dimulai dengan sowan pengasuh PPSS Nurul Huda Mergosono. “Kalau punya akun media sosial, jangan hanya digunakan untuk curhat saja, tapi gunakanlah untuk berbagi konten-konten yang positif untuk men”counter” konten negatif dan informasi hoax”. Dawuh Abuya M. Taqiyyuddin Alawiy.

Agenda dilanjutkan dengan buka Bersama, sholat berjamaah, pembacaan sholawat nariyah dan rotib al-Haddad. Sementara itu, Materi dimulai pukul 20.30 WIB dengan pemateri kang Fauzul, admin Instagram galeri_maha Tebuireng Jombang.

KOPDAR-4-MEDIA-PONDOK-MALANG-RAYA-baru-1
*pamplet kegiatan

KOPDAR ke-4 mengangkat tema  “membuat desain grafis menggunakan canva”. Pemilihan canva karena dipandang lebih mudah dioperasikan, dan diakses karena dapat dioperasikan menggunakan smartphone.

Setelah itu, agenda dilanjutkan sharing yang disampaikan oleh kang EmHa dari Pondok Pesantren Anwarul. Kang EmHa berbagai cerita dan pengalaman selama mengelola berbagai akun creator seperti mataharipemuda, matahatisantri_, dan halaqah santri.

KOPDAR malam itu ditutup dengan undian dan menetapkan PPS Asy-Syadzili 1 Pakis sebagai tuan rumah dalam KOPDAR ke-5 bulan April mendatang. (WA)

GALERY

One Reply to “Media Pondok Malang Raya Adakan KOPDAR ke-4”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *