Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barokatuh,..

Tahun 2020 sudah memasuki bulan ke-2 ketika para santri dari berbagai penjuru Pondok Pesantren di Malang Raya berkumpul di suatu tempat untuk melakukan agenda rutin bulanan Pondok Malang, yaitu Kopdar. Kopdar kali ini merupakan yang ketiga yang dilaksanakan setiap awal bulan. Yaa, memang terbilang masih sangat awal dan masih “bau kencur”, namun kami para santri sangat antusias dan memiliki satu tekad yang sama, yaitu berdakwah melalui media.

Kopdar ketiga ini dilakukan pada hari Kamis, 6 Februari 2020 bertempat di Masjid Pondok Pesantren Sabilurrosyad atau akrab disapa dengan nama Pondok Gasek. Acara ini dimulai dari registrasi sore hari, dilanjut dengan pembacaan Maulid Diba’ ba’da Maghrib. Acara inti dilaksanakan selepas melakukan Sholat Isya berjamaah, yaitu sekitar pukul 20.00 WIB.

Acara ini mengambil kajian tentang “Tutorial & sharing tentang media youtube”. Dalam rangkaian acara disampaikan materi terkait pentingnya media Youtube sebagai media dakwah pada zaman teknologi sekarang. Dilanjutkan dengan workshop / pelatihan pembuatan video profil pondok agar kedepannya pesantren terkait dapat lebih mudah dikenal masyarakat dan mebih menarik minat kaum millenial untuk nyantri. Di akhir sesi ini, admin media Instagram @galeri_maha juga juga sharing terkait dengan perkembangan medianya mulai dari awal merintis hingga sekarang.

Setelah acara kopdar inti, dilakukan dengan makan bersama dan sesi sharing bebas sesama santri. Pada sesi ini juga dibahas rencana lokasi dan tema untuk kopdar keempat selanjutnya. Peserta juga membahas bersama langkah kedepan yang akan diambil Pondok Malang guna menyebarkan konten-konten dakwah melalui berbagai media terutama melalui Instagram, Facebook, Youtube, dan Website.

Semoga apa yang sudah dilakukan dapat bermanfaat dan berkah. Jangan lupa untuk berangkat di KOPDAR selanjutnya yaa! 😀

Jangan Lupa Follow reek 😀

Galery

Jika ingin menyimak pelaksanaan Kopdar ke 3 Pondok Malang,
bisa disimak disini:

7 Replies to “Cerita KOPDAR Ketiga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *