Pondok Pesantren Sabilurrosyad merupakan pondok yang didirikan dalam naungan yayasan “Sabilurrosyad” yang terletak di desa Gasek, Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Nama Sabilurrosyad yang disandang pondok ini merupakan usulan salah satu pendiri yayasan, yaitu KH. Dahlan Tamrin. Yayasan Sabilurrosyad resmi berdiri pada tanggal 23 Maret 1989 setelah akta notaris pendirian yayasan ditanda tangani oleh sejumlah Kiai yaitu KH. Dahlan Tamrin, H. Muhammad Anwar, H. Mahmudi Zianuri, dan M. Rifa’I Chaliq.
Tujuan pendirian pondok pesantren Sabilurrosyad ialah untuk mempertahankan agama Islam dan membentengi masyarakat agar tidak terpengaruh ajaran agama Kristen. Hal ini disebabkan karena saat itu tengah terjadi proses kristenisasi di daerah Gasek sehingga para pendiri beserta tokoh agama di Gasek memandang perlu untuk mendirikan sebuah pondok pesantren. Akhirnya, dibangunlah pondok pesantren Sabilurrosyad di atas sebidang tanah dengan luas  2000 m yang berasal dari wakaf salah seorang pendiri yang tak mau disebutkan namanya.

Pondok Pesantren Sabilurrosyad yang baru berdiri beberapa waktu tersebut mulai menerima santri. Pada mulanya, Pondok Pesantren Sabilurrosyad ini belum memiliki pengasuh dan kegiatan pondok masih dijalankan di bawah pengawasan Yayasan Sabilurrosyad. Kemudian, pihak Yayasan meminta KH. Marzuqi Mustamar yang saat itu telah memiliki  21 santri (putra-putri) yang tinggal di kontrakan di daerah Gasek. Setelah diminta oleh pihak Yayasan, KH. Marzuqi Mustamar menjadi pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Kini, kegiatan belajar mengajar Pondok Pesantren Sabilurrosyad dijalankan dalam naungan Dewan Pengasuh yang terdiri dari Drs. KH. Marzuqi Mustamar, M. Ag, KH. Moh Murtadho Amin, M.HI, dan KH. Ir Ahmad Warsito, M.T.


Data Sekilas Pesantren

Nama Pengasuh KH. Marzuqi Mustamar
Alamat PesantrenJl. Raya Candi VI C No.303, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146
Link Maps (klik)
Email Pesantren[email protected]
Contact Person 0895 2956 6999
Facebook Pagehttps://www.facebook.com/ponpesgasek/
Instagramhttps://www.instagram.com/ponpesgasek/
Youtubehttps://www.youtube.com/channel/UCZyQenuT3lIsqPuF_kmxlwQ
Twitterhttps://twitter.com/ponpesgasek
Websiteponpesgasek.com

Galeri